Manfaat dan Fungsi Indeks Harga Saham

Dalam pelaksanaan investasi di bursa saham, informasi relevan yang dapat digunakan dalam menganalisi keputusan investasi sangatlah diperlukan. Indeks harga saham salah satu bentuk informasi yang tersedia di bursa. Informasi tersebut merupakan sajian data historis yang mengambarkan perubahan harga-harga saham yang diperdagangkan dibursa.

Manfaat dan Fungsi Indeks Harga Saham


Pada pasar modal sebuah indeks diharapkan memiliki lima manfaat yaitu:
  1. Indeks dapat digunakan untuk menghitung total imbal hasil dari pasar secara agregat atau beberapa komponen pasar pada periode waktu tertentu dan menggunakan tingkat pengembalian tersebut sebagai tolak ukur untuk menilai kinerja dari portofolio individu.
  2. Untuk mengembangkan portofolio indeks.
  3. Indeks dapat pula digunakan untuk menguji faktor-faktor yang mempengaruhi pergerakan harga saham secara agregat.
  4. Perubahan harga historis dapat digunakan untuk memprediksikan pergerakan harga di masa depan.
  5. Risiko yang relevan dengan risiko aset individual (saham) adalah risiko sistematik, yang merupakan hubungan antara tingkat imbal hasil dari risiko aset dan tingkat imbal hasil untuk portofolio pasar dari risiko aset. Dengan demikian, pada saat menghitung risiko sistematik untuk risiko aset individual perlu untuk mengkaitkan tingkat pengembaliannya dengan imbal hasil dari indeks pasar agregat yang dapat digunakan sebagai proxy dari portofolio pasar risiko. Muliaman (2004:7)

Sependapat dengan Ade Fatmawati Lubis (2008:157) menyatakan bahwa, sebuah indeks diharapkan memiliki lima fungsi, yaitu:
  • Sebagai indikator trend pasar
  • Sebagai indikator tingkat keuntungan
  • Sebagai tolak ukur (benchmark) kinerja suatu portofolio
  • Memfasilitasi pembentukan portofolio dengan srategi pasif
  • Memfasilitasi berkembangnya produk derivative.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel