Pengertian Indeks Saham

SUDUT HUKUM | Kebutuhan suatu investor memilih investasi dalam suatu saham memerlukan data historis terhadap pergerakan saham dibursa. Didalam transaksi pada bursa terjadi pada setiap saat hingga pergerakan harga pun terjadi dalam tiap waktu. Dari ribuan kejadian dan fakta historis yang terjadi dibursa mesti dapat disajikan dengan sistem tertentu hingga menghasilkan suatu informasi yang sederhana. Dengan informasi yang sederhana investor dapat menafsirkan informasi tersebut hingga dapat mengambil keputusan investasi terhadap saham.

Bentuk informasi yang dipandang sangat tepat untuk mengambarkan pergerakan harga saham dimasa lalu adalah suatu indeks harga saham yang memberikan deskripsi harga-harga saham pada suatu saat tertentu maupun dalam priodesasi tertentu pula (Sunariyah 2006:138)

Dalam memahami pengertian Indeks Harga Saham terlebih dahulu kita harus memahami apa yang dimaksud dengan angka indeks, dan indeks harga baru kemudian memahami pengertian indeks harga saham. Menurut Sudjana (2000:180)

Angka Indeks adalah angka yang diharapkan dapat memberitahukan perubahan-perubahan sebuah atau lebih karakteristik pada waktu dan tempat yang sama ataupun berlainan…..Indeks harga adalah angka yang diharapkan dapat dipakai untuk memperlihatkan perubahan mengenai harga-harga barang, baik harga untuk semacam maupun berbagai macam barang dalam waktu dan tempat yang sama atupun berlainan.

Pengertian indeks harga saham dikemukan oleh beberapa ahli diantaranya oleh Sunariyah (2006:138) “Indeks harga saham merupakan catatan terhadap perubahan-perubahan maupun pergerakan harga saham sejak mulai pertama kali beredar sampai pada suatu saat tertentu” sedangkan Samsul (2006: 179) menyatakan bahwa “Indeks harga saham adalah harga saham yang dinyatakan dalam angka indeks.” Indeks saham digunakan untuk tujuan analisis dan menghindari dampak negatif dari penggunaan harga saham dalam rupiah. Pengunaan harga saham dalam rupiah tanpa dikoreksi terlebih dahulu akan merusak analisis dan dengan menggunakan indeks dapat menghindari kesalahan analisis walapun tanpa koreksi.

Dengan beberapa pengertian diatas dapat disimpulkan bahwa indeks harga saham adalah suatu indeks yang menggambarkan pergerakan harga-harga saham dibursa dalam periode tertentu yang digunakan sebagai informasi bagi investor.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel