Pengertian Kepuasan Kerja

SUDUT EKONOMI | Kepuasan kerja adalah kebutuhan untuk berinteraksi dengan rekan kerja dan para atasan, mematuhi peraturan-peraturan dan kebijakan-kebijakan organisasi, memenuhi standar kinerja, hidup dengan suasana kerja yang sering kali kurang dari ideal, dan semacamnya (Robbins, 2007:103).

Pengertian Kepuasan KerjaHal itu berarti penilaian karyawan atas seberapa puas atau tidak puas dirinya dengan pekerjaannya adalah perhitungan rumit dari sejumlah elemen pekerjaan yang sensitive. Pendekatan yang paling banyak digunakan adalah peringkat global tunggal (single global rating) dan skor penghitungan (summation score) yang terdiri dari sejumlah aspek pekerjaan. Metode peringkat global tunggal tidak lebih dari sekedar menanyai karyawan untuk menanggapi pertanyaan, seperti “Berdasarkan semua hal, seberapa puas Anda dengan pekerjaan Anda?” Para responden kemudain menjawab dengan melingkari angka antara satu sampai dengan lima yang mencerminkan jawaban dari “sangat puas” sampai”sangat tidak puas”. Pendekatan lainnya penghitungan aspek pekerjaan lebih canggih. 



Pendekatan itu mengidentifikasi elemen-elemen pekerjaan tertentu dan menanyakan perasaan karyawan terhadap setiap elemen tersebut. Faktor-faktor yang umumnya disertakan adalah suasana pekerjaan, pengawasan, tingkat upah saat ini, peluang promosi, dan hubungan dengan mitra kerja. Faktor-faktor tersebut diperingkatkan berdasarkan skala yang distandarkan dan kemudian ditambahkan untuk mendapatkan skor kepuasan kerja secara keseluruhan (Robbins, 2007:103).

Secara alamiah, tampak bahwa menjumlahkan tanggapan-tanggapan terhadap sejumlah faktor pekerjaan akan menghasilkan evaluasi lebih akurat tentang kepuasan kerja. Perbandingan-perbandingan peringkat global satu pertanyaan terhadap metode penghitungan faktor pekerjaan yang lebih panjang menunjukkan bahwa yang pertama pada dasarnya mempunyai validitas serupa dengan yang kedua. Penjelasan terbaik untuk hasil ini adalah bahwa konsep kepuasan kerja itu sendiri sangat luas sehingga satu pertanyaan dapat menangkap intinya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel